Monday 22 June 2015

DERAWAN ISLAND (#Day1: Long Journey to Go to Derawan)

Liburan kali ini sebenarnya sudah direncanain jauh hari sebelum hari 'H', tapi lagi-lagi aku selalu gak bisa kasih kepastian ikut apa gak mengingat kerjaan yang kadang malah merusak rencana kalau direncanin. Nah liat kalender libur 1 Mei 2015 itu pas di hari Jum'at (Sabtunya kejepit donk ya), aku pun mencoba beranikan diri bolos di hari Sabtu, namun sebelumnya kerjaan aku usahakan selesai dulu, biar di jalan gak terlalu beban. Sampe dibela-belain lembur pulang jam 7 malam biar sabtunya bisa kabur *nasib pekerja yang sabtu-sabtu tetep ngantor hikzz..
Setelah kerjaan sepertinya aman ditinggal, aku pun mantap ikut trip ke Derawan. Pulang kerja langsung minta izin ortu then cuzzz packing barang. Selesai packing sekitar jam 1 malam *entah apa aja yang aku bawa rempong banget hahaaa..
Paginya jam 6 udah mulai siap2 lagi, mau ngejar speedboat pagi menuju Bulungan (The Capital City of North Kalimantan) *gak kebayang ngantuknya tidur 5 jam-an doank.
Jam 7 teng aku udah berangkat ke pelabuhan, ternyata speed pertama jam 8.15a.m, nunggu sampe terkantuk-kantuk dah di pelabuhan, hehee..

Nyampe Bulungan sekitar jam 9.30a.m, agak molor karena berangkatnya juga molor dari Tarakan. Tiba di Bulungan udah ada teman (Anty & Adit) yang jemput, gak nunggu waktu lama kami langsung cusss berangkat menuju Berau. Ini kali ke-2 aku melewati jalan darat menuju Berau, yang pertama saat trip ke Labuan Cermin beberapa bulan lalu.
Saat perjalanan menuju Berau beberapa kali kami singgah di jalan, sepertinya Anty gak biasa perjalanan jauh lewat darat. Dan entah kenapa aku juga ikutan mabuk, padahal saat perjalanan 8 jam ke Labuan Cermin aku aman-aman saja tanpa ada keluhan yang berarti. Ya udah deh sempat minta stop mendadak di jalan and you know lah, JACKPOT!!! hadehhhh..
Sepanjang jalan gak enak banget dah bawaannya, almost gave up, tapi selalu keingat perjalanan ke Labuan Cermin yang juga ngelewatin jalan ini, bahkan beberapa kali lipat lebih jauh. Mungkin faktor yang nyetir juga perlu dipertanyakan, segala lubang habis di tabrak, hahaaa...

Setelah beberapa kali singgah di jalan, akhirnya sampai juga di Berau. Lumayan lama nunggu Ferry (teman Adit), ya udah kita sekalian cari tempat makan dulu. Dan entah kenapa aku selalu gak selera makan kalau dalam perjalanan, yang ada malah mual banget masuk warung makan, jackpot lagi, huueeekkk...
Gak berapa lama setelah selesai makan, ferry datang menghampiri, kita langsung dituntun menuju rumah Aji (sepupu ferry) yang jg mau ikut trip ke Derawan. Kemudian lanjut perjalanan menuju bandara untuk menjemput teman-teman dari Balikpapan. Nyampe bandara sekitar jam 2-an, dan dapat kabar kalau flight BPN-Berau delay. Nunggu lama banget di bandara, sekitar jam 4-an pesawat yang dinanti landing, nambah 4 personil dari Balikpapan: Umie, Fachril, Sauri n David. Kirain udah lengkap, ternyata masih jemput satu orang lagi (sepupu ferry, lupa namanya). All personils COMPLETED!! Let's gooo.....

Kalimarau Int. Airport, Berau.
Kami pun langsung melaju menuju Tj.Batu dengan mengendarai 2 mobil, adit n ferry bertindak sebagai driver. Jalan yang dilalui menuju Tj.Batu kurang lebih sama dengan jalan Bulungan-Berau tadi, hutan, berkelok-kelok dan banyak lubang/ jalan rusak *ini nih yang gak ngenakin sepanjang jalan.
Ada beberapa orang yang mabuk sepanjang jalan *termasuk saya sendiri hahaaa. Ya udah gantian minta stop di jalan, perjalanan pun jadi terhambat beberapa kali. Entah apa yang terjadi denganku saat itu, parahnya aku sampai jackpot dalam mobil karena pas jalan nanjak, aku udah gak bisa nahan, jeongmal mianhae kawan2 *hiksss.
Hari pun mulai gelap, perjalanan masih beberapa kilometer lagi, udah lelah banget. Dengan perjuangan yang luar biasa, sekitar jam 19.30 pm kami tiba di pelabuhan Tj.Batu, namun perjalanan belum selesai sampai disitu. Setelah parkir mobil kami nyebrang menuju Derawan menggunakan  speedboat malam itu juga. Kurang lebih 30 menitan perjalanan laut, and finally, we arrived safely at Derawan Island, yayyyyyy!