Monday 31 August 2015

DERAWAN ISLAND (#Day2: Maratua, Kakaban, and Sangalaki Are Fantastic)

Welcome to Derawan Island

Pagi sekali aku dibangunkan oleh suara hempasan ombak yang terdengar sangat jelas di telingaku, membuatku merasa seperti sedang tertidur di atas perahu kayu. Buru-buru kubuka jendela kamar, tercium bau laut yang khas, ternyata air laut mulai meninggi. Langit masih gelap, kusegerakan mengambil air wudhu dan menunaikan kewajiban 2 rakaatku sebelum memulai aktifitas *ceiiileee bahasanya heheee..

Morning at Derawan Island :)
Setelah kemarin sempat nge-drop di perjalanan, pagi ini aku merasa semua tenagaku sudah terkumpul kembali. Ahhh segar banget pagi di Derawan, bau khas laut buat aku semakin gak sabar pengen segera menjelajahinya.
Jarang banget ngerasain suasana pagi seperi ini, semua beban terasa hilang seketika. Kami pun mulai bergantian mandi, maklum dari total 10 orang, kami hanya menyewa 3 kamar, at least mandinya kudu gantian. Oh iya, jadi trip ke Derawan ini kita gak menggunakan jasa travel tour, ala backpackeran gitu. Kita shere-cost @IDR500.000,- included: tiket speed Tj.Batu-Derawan PP, speed mengelilingi 3 pulau + penginapan, murah bukan?

Yayyyyy!! We Are Ready to Explore Derawan Island.
Setelah semua personil sudah siap, kami langsung nenuju tempat parkir speedboat yang akan membawa kami mengelilingi 3 pulau. Disana sudah berkumpul rombongan lain yang juga akan perpetualang bersama. Satu speedboat berisi sekitar 20 orang, kami barengan dengan rombongan dari Jakarta.
Setelah persiapan sudah lengkap, kami pun dibawa melaju, tujuan pertama yaitu Maratua.

On Our Way to Maratua
Gelombang laut cukup membuatku dan teman-teman terombang-ambing, apalagi dari rombongan ada beberapa yang belum terbiasa mengarungi perjalanan laut menggunakan speedboat. Untungnya masing-masing sudah dibekali baju pelampung, yah mengurangi resiko lah kalau terjadi sesuatu yang gak diinginkan. Kurang lebih 1 jam lamanya mengarungi laut untuk sampai ke Maratua. And you know what was my first impression when we arrived at Maratua? DAEBAK! Maratua ROCK! cantik bangetttt.. the white sands, crystal clear water, the nature, for sure I am falling in love with this island, jeongmallyo! Hehee..
Maratua Island!! DAEBAK!!
Gak sabar banget pengen cepat-cepat turun dari speedboat, disana juga lagi rame banget. Sayang dikasih waktu singkat banget di Maratua, ya udah gak mau sia-siain waktu, kemana-mana foto yang pasti wajib donk ya. Kurang lebih 1 jam-an di Maratua dan kemudian kami melanjutkan perjalanan ke pulau seberang, masih belum puas sebenarnya menikmati keindahan alam Maratua, nguatin diri aja pas diajak balik ke speedboat sambil dalam hati ngomong "next time kudu kesini lagi, insyaAllah, amin".
Our Trip Our Adventure!
Setelah personil lengkap, kami pun melanjutkan perjalanan. Entah saat itu kami juga belum tau tujuannya kemana dulu, ngikut aja deh pokoknya sama yang punya speedboat, hehee. Sekitar 10 menit dari Maratua, speedboat yang membawa kami singgah di salah satu tempat, belakangan aku baru ngeh kalau ini yang dinamakan Laguna.

Tempat ini asing banget di telingaku, tujuan awal sebenarnya hanya ke 3 pulau itu aja, Maratua, Kakaban dan Sangalaki. Ternyata kami beruntung, karena gak semua rombongan lain dibawa kesini, saat itu cuma ada rombongan kami dan 1 speedboat yang emang dari awal bareng menyusuri Pulau Derawan.

Saat itu air laut lagi surut, jadi kami bisa melewati semacam terowongan, penduduk sekitar menyebutnya dengan Kehe Diang yang beratri 'lubang ikan', namun sekarang bukan hanya ikan aja yang bisa melewatinya, para traveler juga bisa masuk kedalam Kehe Diang menuju danau apabila air laut lagi surut, how lucky we ware, hehee.

Kehe Diang
Sayangnya pas masuk terowongan aku gak bawa tas, jadi gak sempat foto danaunya, cuma dapat foto view di luar doank *hikss. Sama seperti saat di Maratua, di Laguna kami juga gak menghabiskan waktu lama, setelah itu kami melanjutkan perjalanan menuju Kakaban Island, cusss..

Kakaban Island

Dari Laguna, butuh waktu 10 menit untuk sampai ke Kakaban.

Gak nunggu waktu lama sesaat setelah speedboat menepi, kami langsung bergegas menuju danau dengan menaiki beberapa anak tangga dan melewati jejeran pepohonan. Terdapat beraneka jenis pohon kayu, serta tanaman sepanjang jalan menuju danau. Untuk mengetahui jenis pohon apa saja yang ada disana, klik disini.

Suasana danau saat itu lagi ramai banget, air danau mengeruh sehingga terlihat kotor/ butek, semoga deh ubur-uburnya gak stress dipegangin sama pengunjung, hehee. (FYI: di Pulau Kakaban terdapat banyak ubur-ubur yang jika dipegang tidak membuat badan menjadi gatal.)

Karena kondisi danau kayaknya gak memungkinkan buat kita berlama-lama disana, ya sudah kami pindah mencari spot yang nyaman di sekitar pinggiran pantai. Saatnya kami menyantap makanan yang sudah disiapkan oleh pengelolah speedboat, jadi biaya keliling 3 pulau itu udah include dengan makan siang. Cuaca saat itu lagi terik, lumayan lama kami beristirahat sekaligus menikmati suasana di Pulau Kakaban.

Kami melanjutkan petualangan dengan kembali ke speedboat, rombongan lain mulai mempersiapkan perlengkapan snorkeling mereka, awalnya aku gak ada niatan mau ikut snorkeling, tapi mikir udah sampai sini sayang banget kalau gak ikutan.

Akhirnya aku mantap ikut snorkeling, selelah peralatan terpasang di badan seperti kacamata snorkeling, kaki katak, dan yang pasti baju pelampung karena akunya gak bisa berenang, hehee, dengan segera akupun nyemplung ke laut, area snorkeling di sekitaran Kakaban doank.
Asli underwater Kakaban cantik banget, banyak ikan warna-warni, ikan gede juga banyak, wowww gak nyesal deh pokoknya, sayang gak prepare kamera underwater jadi gak bisa photo, hikzz..
Sangking asiknya menikmati underwater Kakaban sampe gak sadar udah berenang agak jauh, sempat horor sih pas agak tengahan liat kebawah ternyata ada palung, walau udah pake pelampung tetep aja takuutttttt heheee..
Sekitar sejam berenang-renang ria menghitamkan kulit, kami semua disuruh kembali ke kapal karena saat itu arus air laut lagi gak bersahabat, takut ntar kami terbawa arus.

Sangalaki Island
Setelah semua kembali ke kapal, kami pun melanjutkan perjalanan ke pulau terakhir yaitu Pulau Sangalaki.

Find these beauty on Sangalaki Island
Sesampainya di Pulau Sangalaki kami sudah tidak ingin bermain-main air lagi *mungkin kami lelah, hehee, kami langsung menuju ke tempat penangkaran tukik (baby penyu), disana kami bisa pegang tukik langsung, lucu bangett...

Tukik
Setelah puas bermain dengan tukik, kami kembali ke pantai, tentram banget suasananya, the view was amazing too, love it.. puas banget dah.

Bye, see you next trip :)
Akhirnya lengkap sudah petualangan 3 pulau kita. Saatnya kembali ke Derawan. Sempat ada gangguan kecil pas perjalanan pulang, bansin speedboat yang kami tumpangi habis, untungnya dari awal emang udah barengan dengan speedboad lain, jadinya gak sampe drama bermalam di laut, hehe. Sampai Derawan sudah sore aja, No doubt, Maratua, Kakaban, Sangalaki are very fantastic.